Sri Susanti (11402242008)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas
pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Gamping.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptifdengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini
adalah 1 orang Kepala Bagian Pelayanan Umum sebagai informan kunci, 3 orang
petugas pelayanan di Kecamatan Gamping dan 3 orang masyarakat pengguna jasa
pelayanan sebagaiinforman pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah
model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi
sumber dan metode.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas
pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Gamping dilihat
dari aspek fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu:(1) Bagian
Pelayanan Umum di Kecamatan Gamping belum memenuhi fasilitas pelayanan yang
memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti se kursi diruang
tunggu yang belum memadai dengan jumlah pengunjung setiap harinya, belum adanya
meja untuk menulis di ruang tunggu, sarana informasi yang belum tersedia.
Fasilitas seperti genset kurang dioptimalkan sehingga ketika listrik mati maka
proses pelayanan pun juga akan berhenti total yang artinya masyarakat tidak
dapat mendapatkan pelayanan. Hal ini terjadi dikarenakan keterbatasan biaya dan
belum ada dana yang diberikan Kabupaten Sleman untuk Proses Pengadaan. (2)
Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang di berikan Kecamatan Gamping dalam
aspek reliability (kehandalan) mengenai kehandalan dalam menangani setiap
keluhan masyarakat, handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan(3)
pegawai dalam hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya
masyarakat yang bingung dengan pelayanan sudah terlihat antara petugas dan
pengunjung yang saling berkomunikasi. (4) keamanan di Kecamatan Gamping sudah
menunjukan upaya meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa
aman bagi masyarakat yaitu dengan menempatkan tukang parkir yang ikut
mengamankan keadaan di parkiran.(5) Aspek empati (empathy), yang diberikan
pihak Kecamatan Gamping yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan. Hal
itu dapat terlihat dari sikap petugas yang menerangkan dengan sejelas-jelasnya
mengenai prosedur pelayanan dan menerima kritik mapun saran dengan sepenuh hati
sebagai interopeksi untuk layananyang lebih baik.
Link Download 1: Klik
Link Download 2: Klik
Link Download 3: Klik